Monday 6 July 2009

Pertemuan Formid 27 Juni 2009


Bisa dibilang pertemuan bulan ini merupakan pertemuan bulanan yang paling padat dengan agenda kegiatan mulai dari sosialisasi pemilihan presiden, penyuluhan perlindungan dan kewarganegaraan di luar negeri, dan presentasi dari anggota Formid.

Pukul 12.00 acara diawali pembukaan oleh Tyo selaku pembawa acara ini dengan mengajak audiens untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ada decak haru saat menyanyikan dan mendengar lagu kebangsaan ini bergema di aula Max Kade Haus maklum kita tinggal jauh dari tanah air. Kedatangan rombongan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan juga staf KBRI Berlin menambah jumlah audiens yang hadir pada pertemuan di Max Kade Haus ini. Sosialisasi ketiga kalinya tersebut mungkin merupakan sosialisasi terakhir PPLN Berlin dalam upaya memberikan pemahaman kepada WNI di luar negeri mengenai tata cara pemilihan presiden RI 2009 yang akan digelar Rabu, 08.07.09 mendatang. Untuk mencegah terjadinya kembali kekeliruan turut menjadi topik membahasan adalah evaluasi pemilihan anggota legislatif yang dua bulan lalu sudah dilakukan.

Selesainya sosialisai dari PPLN kesempatan berikutnya bagi staf KBRI bidang Imigrasi memberikan penyuluhan perlindungan dan kewarganegaraan di luar negeri. Hal ini sangat penting menyangkut perlindungan hukum bagi WNI di luar negeri, anak yang lahir di luar negeri dan bagi mereka yang melakukan kawin campur (misalkan si isteri Indonesia dan suaminya Jerman atau sebaliknya) akan status dirinya serta anak-anaknya kelak. Menjadi diskusi menarik ketika sesi tanya jawab dibuka mengingat beberapa anggota Formid memiliki suami/isteri orang Jerman dan hampir semua anggota Formid yang sudah berkeluarga memboyong familinya untuk tinggal bersama di kota terindah Jerman ini, Dresden.

Beristirahat sambil menikmati hidangan ala Indonesia yang disajikan warga Formid sungguh sangat memuaskan lidah hadirin yang kangen dengan masakan Indonesia. Berbagai pilihan menu disajikan seperti ayam bakar, sayur lodeh, botok, pecel, rujak serut, sambal, dll. Setelah makan siang acara dilanjutkan dengan presentasi dari salah seorang anggota Formid (Bapak Irvan Afandi, M.Sc) yang aktifitas sehari-harinya bekerja sebagai ingenieur process & development pada perusahaan semiconductor terkemuka. Tema presentasi yang disampaikan adalah pengkapsulan IC (integrated circuit) yang mencakup proses di pabrik, molding process juga green compound atau isu lingkungan yang muncul akibat proses pengkapsulan IC tersebut. Lebih lanjut materi presentasi ini sudah disajikan dalam bentuk video yang bisa dinikmati pada website 1000guru.net.(dsm)





No comments :