Sunday 17 May 2009

dies Academicus TU Dresden 13 Mei 2009


Diawali dengan kegiatan yang cukup spektakuler adalah ikut sertanya Formid dalam serangkaian event akbar yang digelar dalam rangka Dies Academicus TU Dredsen, 13.05.09. Kegiatan ini lebih kita kenal dengan sebutan Dies Natalis. Rangkaian kegiatan yang digelar diantaranya seminar, olahraga, pameran, festival seni budaya, dll. Sementara Formid ambil bagian dalam program seni budaya yang diperuntukkan bagi kelompok mahasiswa terutama mahasiswa asing dengan menampilkan dua pertunjukan sekaligus yakni tari Saman dan musik Angklung.

Untuk penampilan kali ini formid berupaya melakukan regenerasi dengan menampilkan wajah-wajah baru disamping pemain lama. Pada awal latihan hal tersebut cukup menyulitkan bagi pemain baru untuk mengimbangi kemahiran para seniornya dalam mengikuti gerak dan irama baik pada tari Saman maupun Angklung. Tetapi berkat latihan keras para pemain (kurang lebih 8 kali latihan bersama) dan kesabaran para pelatih, akhirnya kedua penampilan tersebut sukses dipentaskan.



Berlokasi di taman terbuka dengan cuaca yang sangat mendukung kala itu menambah indahnya penampilan tim Formid, bahkan merupakan tim dengan performa paling menarik dibanding tim dari negara lain. Hal ini terbukti antusiasnya penonton, meski tidak terlalu berjubel, saat tim Formid sekitar 30 menit beraksi di atas pentas. Tepuk tangan selalu terdengar riuh ketika pergantian gerak pada tari Saman dan perpindahan pada Angklung dari lagu pertama La Paloma ke lagu kedua Vogel Hochzeit.



Bahkan usai pentas beberapa penonton sempat menghampiri alat musik tradisional dari bambu ini untuk melampiaskan rasa penasaran dengan bertanya dan mencoba memainkannya sendiri. Sebuah publikasi yang cukup menarik untuk memperkenalkan kekayaan khasanah budaya Indonesia kepada dunia luar.

No comments :