Sunday 17 May 2009

Pelatihan Java


Hari kamis 14 Mei 2009 berlangsung pelatihan Java yang diadakan oleh Formid dan untuk Formid. Pelatihan Java untuk pemula kali ini dipandu oleh saudara Fauzan. Adapun peserta pada pelatihan Java yang pertama kali ini antara lain : Kesia, Iyul, Rian, Irvan, Deen, Aan, dan Tyo. Pelatihan diadakan di kediaman Siti Julaiha pukul 20.00 waktu Dresden.

Pertama-tama Fauzan menjelaskan secara singkat sejarah Java, kegunaan dan perkembangannya. Pemrograman Java sangat banyak sekali kegunaannya, dari membuat aplikasi sampai dengan membuat website. Kemudian dijelaskan teori dan seluk beluk Java sekitar 1 jam. Tak lengkap rasanya jika kita hanya mempelajari teori tapi tidak mengaplikasikannya. Untuk itu sesi praktik juga diberikan dan berlangsung selama 1 jam. Antaralian bagaimana memulai sebuah halaman pemrograman Java dan membuat kita terbiasa dengan perintah/perintah yang ada di program ini.

Secara sepintas mengenal Java kita masih belum mengenal benar fungsi dan kegunaannya secara utuh. Oleh karena itu dibutuhkan waktu dan pelatihan lanjutan yang akan dilaksanakan secara kontinyu dilain kesempatan. Dua minggu sekali dipilih menjadi waktu rutin untuk pelatihan Java oleh Formid. Tepat pukul 22.00 waktu Dresden pelatihan Java berakhir dan peserta pulang dengan perasaan campur aduk.... sepertinya sebagian besar puas dengan ilmu baru yang dipelajari dan lumayan bingung tentu saja. Sekian liputan kali ini, sampai ketemu di aktivitas Formid yang lain. Bravo Formid.


No comments :